STIP Jakarta

Minggu, 11 Desember 2016 14:58

Diklat Keterampilan Pelaut (Short Course)

DAFTAR DIKLAT KETERAMPILAN PELAUT / SHORT COURSE

PERSYARATAN MENGIKUTI DIKLAT SHORT COURSE :

1. BASIC SAFETY TRAINING (BST)

  1. Usia 16 (enam belas) tahun (Minimum ages not less than 16 years old);
  2. Berijasah SLTP atau sederajat (Minimum graduated from Junior High School);
  3. Sertifikat kesehatan dari rumah sakit atau lembaga kesehatan lainnya yang mendapat pengakuan / penetapan / penunjukan dari Dokter yang telah di tunjuk oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut;(In health condition proven by valid Seafarer's Health certificate from approved hospital or clinic);
  4. Surat Kenal Lahir / Akte Kelahiran (Birth Certificate);
  5. Tanda pengenal yang sah, KTP atau SIM (Valid Identification Indonesian Citizen Card or Driving License);
  6. Lulus seleksi penerimaan calon peserta pelatihan (Passed the Selection for Candidate of Proficiency Training Programme).

Semua persyaratan pendaftaran BST di scan dengan format JPEG atau PDF dan dikirim ke email Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya / dimasukkan ke CD.

2. SURVIVAL CRAFT AND RESCUE BOAT (SCRB)

  1. Usia 18 (delapan belas) tahun (Minimum ages not less than 18 years old);
  2. Sertifikat Diklat Dasar Keselamatan (Basic Safety Training Certificate);
  3. Masa layar yang diakui minimal 12 bulan atau mengikuti diklat dan ditambah masa layar tidak kurang dari 6 bulan;(Have approved seagoing service of not less 12 months or have attended an approved training course and have approved seagoing service of not less than 6 month);
  4. Sertifikat kesehatan dari rumah sakit atau lembaga kesehatan lainnya yang mendapat pengakuan / penetapan / penunjukan dari Dokter yang telah ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut;(In health condition proven by valid Seafarer's Health certificate from approved hospital or clinic);
  5. Surat Kenal Lahir / Akte Kelahiran (Birth Certificate);
  6. Tanda pengenal yang sah, KTP atau SIM (Valid Identification Indonesian Citizen Card or Driving License);
  7. Lulus seleksi penerimaan calon peserta pelatihan (Passed the Selection for Candidate of Proficiency Training Programme).
  8. Buku pelaut asli ( Seaman Book ).

Semua persyaratan pendaftaran SCRB di scan dengan format JPEG atau PDF dan dikirim ke email  Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya / dimasukkan ke CD.

3. ADVANCED FIRE FIGHTING (AFF)

  1. Sertifikat Diklat Dasar Keselamatan (Basic Safety Training Certificate);
  2. Masa layar yang diakui minimal 12 bulan atau mengikuti diklat dan ditambah masa layar tidak kurang dari 6 bulan (Have approved seagoing service of not less 12 months or have attended an approved training course and have approved seagoing service of not less than 6 month);
  3. Sertifikat kesehatan dari rumah sakit atau lembaga kesehatan lainnya yang mendapat pengakuan / penetapan / penunjukan dari Dokter yang telah ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (In health condition proven by valid Seafarer's Health certificate from approved hospital or clinic);
  4. Surat Kenal Lahir / Akte Kelahiran (Birth Certificate);
  5. Tanda pengenal yang sah, KTP atau SIM (Valid Identification Indonesian Citizen Card or Driving License);

Semua persyaratan pendaftaran AFF di scan dengan format JPEG atau PDF dan dikirim ke email Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya / dimasukkan ke CD.

4. MEDICAL FIRST AID (MFA)

  1. Sertifikat Diklat Dasar Keselamatan (Basic Safety Training Certificate);
  2. Sertifikat kesehatan dari rumah sakit atau lembaga kesehatan lainnya yang mendapat pengakuan / penetapan / penunjukan dari Dokter yang telah ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut; (In health condition proven by valid Seafarers-Health certificate from approved hospital or clinic);
  3. Surat Kenal Lahir / Akte Kelahiran (Birth Certificate);
  4. Tanda pengenal yang sah, KTP atau SIM (Valid Identification Indonesian Citizen Card or Driving License);
  5. Lulus seleksi penerimaan calon peserta pelatihan (Passed the Selection for Candidate of Proficiency Training Programme).

Semua persyaratan pendaftaran MFA di scan dengan format JPEG atau PDF dan dikirim ke email Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya / dimasukkan ke CD.

5. MEDICAL CARE (MC)

  1. Sertifikat Diklat Dasar Keselamatan (Basic Safety Training Certificate);
  2. Sertifikat Diklat Keterampilan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (Medical First Aid Certificate);
  3. Sertifikat kesehatan dari rumah sakit atau lembaga kesehatan lainnya yang mendapat pengakuan / penetapan / penunjukan dari Dokter yang telah di tunjuk oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut; (In health condition proven by valid Seafarer's Health certificate from approved hospital or clinic);
  4. Surat Kenal Lahir / Akte Kelahiran (Birth Certificate);
  5. Tanda pengenal yang sah, KTP atau SIM (Valid Identification Indonesian Citizen Card or Driving License);

Semua persyaratan pendaftaran MC di scan dengan format JPEG atau PDF dan dikirim ke email Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya / dimasukkan ke CD.

6. CROWD AND CRISIS MANAGEMENT (CCM)

  1. Sertifikat Diklat Dasar Keselamatan (Basic Safety Training Certificate);
  2. Sertifikat kesehatan dari rumah sakit atau lembaga kesehatan lainnya yang mendapat pengakuan / penetapan / penunjukan dari Dokter yang telah ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut; (In health condition proven by valid Seafarer's Health certificate from approved hospital or clinic);
  3. Surat Kenal Lahir / Akte Kelahiran (Birth Certificate);
  4. Tanda pengenal yang sah, KTP atau SIM (Valid Identification Indonesian Citizen Card or Driving License);
  5. Lulus seleksi penerimaan calon peserta pelatihan (Passed the Selection for Candidate of Proficiency Training Programme).

 

7. GLOBAL MARITIME DISTRESS & SAFETY SYSTEM (GMDSS)

  1. Mengisi formulir pendaftaran

  2. Sertifikat BST yang masih berlaku (1 lembar)

  3. Ijazah bagian Deck, minimal ANT-V yang telah di legalisir

  4. ijazah akademis minimal SMU / Sederajat (Bagi pemegang ijazah ANT-V)

  5. Surat keterangan sehat dari Dokter (asli)

  6. KTP / SIM / Identitas lain yang setara

  7. Membayar lunas biaya pelatihan di loket

Semua persyaratan pendaftaran GMDSS di scan dengan format JPEG atau PDF dan dikirim ke email Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya / dimasukkan ke CD.

8. RADAR / ARPA SIMULATOR

  1. Sertifikat Kompetensi Kepelautan Bidang Keahlian Nautika (Certificate of Competency in Nautical Study);
  2. Sertifikat Diklat Dasar Keselamatan (Basic Safety Training Certificate);
  3. Sertifikat kesehatan dari rumah sakit atau lembaga kesehatan lainnya yang mendapat pengakuan / penetapan / penunjukan dari Dokter yang telah ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut; (In health condition proven by valid Seafarer's Health certificate from approved hospital or clinic);
  4. Surat Kenal Lahir / Akte Kelahiran (Birth Certificate);
  5. Tanda pengenal yang sah, KTP atau SIM (Valid Identification Indonesian Citizen Card or Driving License);
  6. Lulus seleksi penerimaan calon peserta pelatihan (Passed the Selection for Candidate of Proficiency Training Programme).

Semua persyaratan pendaftaran RADAR / ARPA SIMULATOR di scan dengan format JPEG atau PDF dan dikirim ke email Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya / dimasukkan ke CD.

9. Ship Security Officer (SSO)

  1. Sertifikat Ahli Nautika Tingkat / Ahli Teknika Tingkat - V (DOC - V / EOC -V Certificate);
  2. Memenuhi syarat kesehatan Pelaut yang dibuktikan dengan Sertifikat kesehatan dari rumah sakit atau lembaga kesehatan lainnya yang mendapat pengakuan / penetapan / penunjukan dari Dokter yang telah ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut; (In health condition proven by valid Seafarer's Health certificate from approved hospital or clinic);
  3. Surat Kenal Lahir / Akte Kelahiran (Birth Certificate);
  4. Tanda pengenal yang sah, KTP atau SIM (Valid Identification Indonesian Citizen Card or Driving License);
  5. Lulus seleksi penerimaan calon peserta pelatihan (Passed the Selection for Candidate of Proficiency Training Programme).

Semua persyaratan pendaftaran SSO di scan dengan format JPEG atau PDF dan dikirim ke email Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya / dimasukkan ke CD.

10. Fast Rescue Boat (FRB)

  1. Usia 18 (delapan belas) tahun (Minimum ages not less than 18 years old);
  2. Sertifikat Diklat Dasar Keselamatan (Basic Safety Training Certificate);
  3. Masa layar yang diakui minimal 12 bulan atau mengikuti diklat dan ditambah masa layar tidak kurang dari 6 bulan;(Have approved seagoing service of not less 12 months or have attended an approved training course and have approved seagoing service of not less than 6 month);
  4. Sertifikat kesehatan dari rumah sakit atau lembaga kesehatan lainnya yang mendapat pengakuan / penetapan / penunjukan dari Dokter yang telah ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut; (In health condition proven by valid Seafarer's Health certificate from approved hospital or clinic);
  5. Surat Kenal Lahir / Akte Kelahiran (Birth Certificate);
  6. Tanda pengenal yang sah, KTP atau SIM (Valid Identification Indonesian Citizen Card or Driving License);
  7. Lulus seleksi penerimaan calon peserta pelatihan (Passed the Selection for Candidate of Proficiency Training Programme).

Semua persyaratan pendaftaran FRB di scan dengan format JPEG atau PDF dan dikirim ke email Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya / dimasukkan ke CD.

11. Engine Room Resource Management (ERM)

  1. Sertifikat Ahli Teknika Tingkat - IV (DOC - IV Certificate);
  2. Sertifikat Diklat Dasar Keselamatan (Basic Safety Training Certificate);
  3. Taruna yang sedang mengikuti Pendidikan Diploma-III dan Diploma-IV Pelayaran studi Teknika serta program Pendidikan Diploma-III Teknik Listrik Kapal; (Cadets in Marine Engineering Study for Diploma - III and IV included in Electro Technical Officers Study for Diploma - III);
  4. Sertifikat kesehatan dari rumah sakit atau lembaga kesehatan lainnya yang mendapat pengakuan / penetapan / penunjukan dari Dokter yang telah ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut; (In health condition proven by valid Seafarer's Health certificate from approved hospital or clinic);
  5. Surat Kenal Lahir / Akte Kelahiran (Birth Certificate);
  6. Tanda pengenal yang sah, KTP atau SIM (Valid Identification Indonesian Citizen Card or Driving License);
  7. Lulus seleksi penerimaan calon peserta pelatihan (Passed the Selection for Candidate of Proficiency Training Programme).
  8. Ijazah laut.

Semua persyaratan pendaftaran ERM di scan dengan format JPEG atau PDF dan dikirim ke email Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya / dimasukkan ke CD.

12. Electronic Chart Display and Information System (ECDIS)

  1. Sertifikat Ahli Nautika Tingkat - IV (DOC - IV Certificate);
  2. Sertifikat kesehatan dari rumah sakit atau lembaga kesehatan lainnya yang mendapat pengakuan / penetapan / penunjukan dari Dokter yang telah ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut; (In health condition proven by valid Seafarer's Health certificate from approved hospital or clinic);
  3. Surat Kenal Lahir / Akte Kelahiran (Birth Certificate);
  4. Tanda pengenal yang sah, KTP atau SIM (Valid Identification Indonesian Citizen Card or Driving License);
  5. Lulus seleksi penerimaan calon peserta pelatihan (Passed the Selection for Candidate of Proficiency Training Programme).

Semua persyaratan pendaftaran ECDIS di scan dengan format JPEG atau PDF dan dikirim ke email Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya / dimasukkan ke CD.

13. Bridge Resource Management (BRM)

  1. SertifikatAhliNautika Tingkat - IV (DOC - IV Certificate);
  2. Sertifikat Diklat Dasar Keselamatan (Basic Safety Training Certificate);
  3. Sertifikat kesehatan Pelaut dari rumah sakit atau lembaga kesehatan lainnya yang mendapat pengakuan / penetapan / penunjukan dari Dokter yang telah ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut; (Medical certificate issued by the hospital or other health institution which are recognized by the doctor in charge who have been appointed by the Directorate General of Sea Transportation clinic);
  4. Surat Kenal Lahir / Akte Kelahiran (Birth Certificate);
  5. Tanda pengenal yang sah, KTP atau SIM (Valid Identification Indonesian Citizen Card or Driving License);
  6. Lulus seleksi penerimaan calon peserta pelatihan (Passed the Selection for Candidate of Proficiency Training Programme).
  7. Ijazah laut.

Semua persyaratan pendaftaran BRM di scan dengan format JPEG atau PDF dan dikirim ke email Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya / dimasukkan ke CD.

14. Security Awareness Training (SAT)

  1. Sertifikat Diklat Dasar Keselamatan (Basic Safety Training Certificate);
  2. Sertifikat kesehatan pelaut dari rumah sakit atau lembaga kesehatan lainnya yang mendapat pengakuan / penetapan / penunjukan dari Dokter yang telah ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut; (Medical certificated issued by hospital or otherhealth institution which are recognized by the doctor in charge who have been appointedby the Directorate General of Sea Transportation);
  3. Surat Kenal Lahir / Akte Kelahiran (Birth Certificate);
  4. Tanda pengenal yang sah, KTP atau SIM (Valid Identification Indonesian Citizen Card or Driving License);
  5. Lulus seleksi penerimaan calon peserta pelatihan (Passed the Selection for Candidate of Proficiency Training Programme).

Semua persyaratan pendaftaran SAT di scan dengan format JPEG atau PDF dan dikirim ke email Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya / dimasukkan ke CD.

15. Security Awareness Training for Seafarers with Designated Security Duties (SATSDSD)

  1. Sertifikat Diklat Dasar Keselamatan (Basic Safety Training Certificate);
  2. Sertifikat kesehatan pelaut dari rumah sakit atau lembaga kesehatan lainnya yang mendapat pengakuan / penetapan / penunjukan dari Dokter yang telah ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut; (Medical certificated issued by hospital or otherhealth institution which are recognized by the doctor in charge who have been appointedby the Directorate General of Sea Transportation);
  3. Surat Kenal Lahir / Akte Kelahiran (Birth Certificate);
  4. Tanda pengenal yang sah, KTP atau SIM (Valid Identification Indonesian Citizen Card or Driving License);
  5. Lulus seleksi penerimaan calon peserta pelatihan (Passed the Selection for Candidate of Proficiency Training Programme).

Semua persyaratan pendaftaran SATSDSD di scan dengan format JPEG atau PDF dan dikirim ke email Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya / dimasukkan ke CD.

16. Basic Oil and Chemical Tanker(BOCT)

  1. Sertifikat Diklat Pemadam Kebakaran Tingkat Lanjutan (Advanced Training in Fire Fighting Certificate);
  2. Sertifikat Diklat Dasar Keselamatan (Basic Safety Training Certificate);
  3. Minimal Sertifikat Ahli Nautika (ANT) / AhliTeknika (ATT) - V atau Pelaut Rating Dinas Jaga Dek / Mesin / Teknik Listrik Kapal; (Certificate of Competence as Officers, Master or Rating Navigational Watch/Engine/Electro Technical Rating);
  4. Masa layar selama 3 (tiga) bulan pada kapal Tangki Minyak atau; (At least having three months of approved sea going service on Oil Tanker or);
  5. Sertifikat kesehatan dari rumah sakit atau lembaga kesehatan lainnya yang mendapat pengakuan / penetapan / penunjukan dari Dokter yang telah ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut; (In health condition proven by valid Seafarer's Health certificate from approved hospital or clinic);
  6. Surat Kenal Lahir / Akte Kelahiran (Birth Certificate);
  7. Tanda pengenal yang sah, KTP atau SIM (Valid Identification Indonesian Citizen Card or Driving License);
  8. Lulus seleksi penerimaan calon peserta pelatihan (Passed the Selection for Candidate of Proficiency Training Programme).
  9. Buku Pelaut ( Seaman Book ).

Semua persyaratan pendaftaran BOCT di scan dengan format JPEG atau PDF dan dikirim ke email Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya / dimasukkan ke CD.

17. Basic Training for Liquefied Gas Tanker Cargo Operation (BLGT)

  1. Sertifikat Diklat Pemadam Kebakaran Tingkat Lanjutan (Advanced Training in Fire Fighting Certificate);
  2. Sertifikat Diklat Dasar Keselamatan (Basic Safety Training Certificate);
  3. Minimal Sertifikat Ahli Nautika (ANT) / AhliTeknika (ATT) - V atau Pelaut Rating Dinas Jaga Dek / Mesin / Teknik Listrik Kapal; (Certificate of Competence as Officers, Master or Rating Navigational Watch/Engine/Electro Technical Rating);
  4. Masa layar selama 3 (tiga) bulan pada kapal Tangki Gas Cair; (At least having three months of approved sea going service on Chemical Tankers);
  5. Sertifikat kesehatan dari rumah sakit atau lembaga kesehatan lainnya yang mendapat pengakuan / penetapan / penunjukan dari Dokter yang telah ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut; (In health condition proven by valid Seafarer's Health certificate from approved hospital or clinic);
  6. Surat Kenal Lahir / Akte Kelahiran (Birth Certificate);
  7. Tanda pengenal yang sah, KTP atau SIM (Valid Identification Indonesian Citizen Card or Driving License);
  8. Lulus seleksi penerimaan calon peserta pelatihan (Passed the Selection for Candidate of Proficiency Training Programme).
  9. Buku pelaut( Seaman Book ).

Semua persyaratan pendaftaran BLGT di scan dengan format JPEG atau PDF dan dikirim ke email Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya / dimasukkan ke CD.

18. Advanced Training for Oil Tanker Cargo Operations (AOT)

  1. Sertifikat Diklat Dasar Kapal Tangki Minyak dan Kimia (Basic Oil and Chemical Tanker Certificate);
  2. Sertifikat Diklat Dasar Keselamatan (Basic Safety Training Certificate);
  3. Masa layar selama 3 (tiga) bulan pada kapal Tangki Minyak atau; (At least having three months of approved sea going service on Oil Tanker or);
  4. Memiliki masa layar pada pelatihan di kapal tangki minyak yang diakui tidak kurang dari satu bulan dalam kapasitas sebagai pengamat termasuk pengoperasian bongkar muat sekurang-kurangnya tiga kali dan didokumentasikan pada buku catatan pelatihan yang diakui; (At least one month of approve onboard training on oil tanker, in a supernumerary capacity, which includes at least three loading and three unloading operations and is documented in an approve training record book);
  5. Telah menyelesaikan pelatihan tingkat lanjut yang diakui untuk pengoperasian muatan pada kapal tangki minyak dan memenuhi standar kompetensi untuk sertifikat pelatihan tingkat lanjut pengoperasian muatan pada kapal tangki minyak; (Have completed approve advanced training for oil tanker operations made standard competence);
  6. Minimal Sertifikat Ahli Nautika (ANT) / AhliTeknika (ATT) - V atau Pelaut Rating Dinas Jaga Dek / Mesin / Teknik Listrik Kapal;(Certificate of Competence as Officers, Master or Rating Navigational Watch/Engine/Electro Technical Rating);
  7. Sertifikat kesehatan dari rumah sakit atau lembaga kesehatan lainnya yang mendapat pengakuan / penetapan / penunjukan dari Dokter yang telah ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut; (In health condition proven by valid Seafarer's Health certificate from approved hospital or clinic);
  8. Surat Kenal Lahir / Akte Kelahiran (Birth Certificate);
  9. Tanda pengenal yang sah, KTP atau SIM (Valid Identification Indonesian Citizen Card or Driving License);
  10. Lulus seleksi penerimaan calon peserta pelatihan (Passed the Selection for Candidate of Proficiency Training Programme).
  11. Buku pelaut ( Seaman Book ).

Semua persyaratan pendaftaran AOT di scan dengan format JPEG atau PDF dan dikirim ke email Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya / dimasukkan ke CD.

19. Advanced Training for Chemical Tanker Cargo Operation (ACT)

  1. Sertifikat Diklat Dasar Kapal Tangki Minyak dan Kimia (Basic Oil and Chemical Tanker Certificate);
  2. Sertifikat Diklat Dasar Keselamatan (Basic Safety Training Certificate);
  3. Masa layar selama 3 (tiga) bulan pada kapal Tangki Minyak atau; (At least having three months of approved sea going service on Oil Tanker or);
  4. Masa layar pada pelatihan di kapal tangki minyak yang diakui tidak kurang dari satu bulan dalam kapasitas sebagai pengamat termasuk pengoperasian bongkar muat sekurang-kurangnya tiga kali dan didokumentasikan pada buku catatan pelatihan yang diakui; (At least one month of approve onboard training on oil tanker, in a supernumerary capacity, which includes at least three loading and three unloading operations and is documented in an approve training record book);
  5. Telah menyelesaikan pelatihan tingkat lanjut yang diakui untuk pengoperasian muatan pada kapal tangki minyak dan memenuhi standar kompetensi untuk sertifikat pelatihan tingkat lanjut pengoperasian muatan pada kapal tangki minyak; (Have completed approve advanced training for oil tanker operations made standard competence);
  6. Sertifikat kesehatan dari rumah sakit atau lembaga kesehatan lainnya yang mendapat pengakuan / penetapan / penunjukan dari Dokter yang telah ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut; (In health condition proven by valid Seafarer's Health certificate from approved hospital or clinic);
  7. Surat Kenal Lahir / Akte Kelahiran (Birth Certificate);
  8. Tanda pengenal yang sah, KTP atau SIM (Valid Identification Indonesian Citizen Card or Driving License);
  9. Lulus seleksi penerimaan calon peserta pelatihan (Passed the Selection for Candidate of Proficiency Training Programme).
  10. Kartu Keluarga (Familiy Card)
  11. Buku Pelaut ( Seaman Book )

Semua persyaratan pendaftaran ACT di scan dengan format JPEG atau PDF dan dikirim ke email Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya / dimasukkan ke CD.

20. Advance Liquified Gas Tanker Cargo Operations (ALGT)

  1. Sertifikat Diklat Dasar Pengoperasian Muatan Kapal Tangki Gas Cair (BasicLiquefiedGas Tanker Cargo Operation Certificate);
  2. Sertifikat Diklat Dasar Keselamatan (Basic Safety Training Certificate);
  3. Masa layar selama 3 (tiga) bulan pada kapal Tangki Gas Cair; (At least having three months of approved sea going service on Chemical Tankers);
  4. Memiliki masa layar pada pelatihan di kapal tangki gas cair yang diakui tidak kurang dari satu bulan dalam kapasitas sebagai pengamat termasuk pengoperasian bongkar muat sekurang-kurangnya tiga kali dan didokumentasikan pada buku catatan pelatihan yang diakui; (At least one month of approve onboard training on liquefied gas tankers, in a supernumerary capacity, which includes at least three loading and three unloading operations and is documented in an approve training record book);
  5. Telah menyelesaikan pelatihan tingkat lanjut yang diakui untuk pengoperasian muatan pada kapal tangki gas cair dan memenuhi standar kompetensi untuk sertifikat pelatihan tingkat lanjut pengoperasian muatan pada kapal tangki gas cair; (Have completed approve advanced training for liquefied gas tankers operations made standard competence);
  6. Sertifikat kesehatan dari rumah sakit atau lembaga kesehatan lainnya yang mendapat pengakuan / penetapan / penunjukan dari Dokter yang telah ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut; (In health condition proven by valid Seafarer's Health certificate from approved hospital or clinic);
  7. Surat Kenal Lahir / Akte Kelahiran (Birth Certificate);
  8. Tanda pengenal yang sah, KTP atau SIM (Valid Identification Indonesian Citizen Card or Driving License);
  9. Lulus seleksi penerimaan calon peserta pelatihan (Passed the Selection for Candidate of Proficiency Training Programme).
  10. Kartu Keluarga ( Family Card )
  11. Buku Pelaut ( Seaman Book )

Semua persyaratan pendaftaran ALGT di scan dengan format JPEG atau PDF dan dikirim ke email Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya / dimasukkan ke CD.

21. Passenger Safety, Cargo Safety And Hull Integrity Training (PS, CS and HIT)

  1. Sertifikat Diklat Dasar Keselamatan (Basic Safety Training Certificate);
  2. Sertifikat kesehatan dari rumah sakit atau lembaga kesehatan lainnya yang mendapat pengakuan / penetapan / penunjukan dari Dokter yang telah ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut; (In health condition proven by valid Seafarer's Health certificate from approved hospital or clinic);
  3. Surat Kenal Lahir / Akte Kelahiran (Birth Certificate);
  4. Tanda pengenal yang sah, KTP atau SIM (Valid Identification Indonesian Citizen Card or Driving License);
  5. Lulus seleksi penerimaan calon peserta pelatihan (Passed the Selection for Candidate of Proficiency Training Programme).

Semua persyaratan pendaftaran PS, CS and HIT di scan dengan format JPEG atau PDF dan dikirim ke email Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya / dimasukkan ke CD.

22. PERSYARATAN REVALIDASI SHORT COURSE

  1. Mengisi Form Surat Permohonan

  2. Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit / Institusi terkait yang telah mendapat pengesahan (Approval) Jenderal Perhubungan Laut

  3. Memiliki masa berlayar yang dikeluarkan oleh pejabat berwenang (Syahbandar) sekurang-kurang 12 bulan dalam rentang waktu 5 (lima) tahun terakhir (Asli) atau fotocopy masa berlayar yang dilegalisir

  4. Terdaftar di stambuk (buku induk)

  5. Menunjukkan Buku Pelaut asli dan fotocopy 1 set

  6. Bukti Pembayaran

  7. Sertifikat yang akan direvalidasi

  8. Buku pelaut untuk peserta yang advance

  9. Surat Kenal Lahir / Akte Kelahiran (Birth Certificate);

  10. Tanda pengenal yang sah, KTP atau SIM (Valid Identification Indonesian Citizen Card or Driving License);

  11. Pas foto 3 X 4 hitam putih - 2 lembar (Kemeja putih pakai dasi) untuk masing-masing sertifikat

Contact Us :

Divisi Pengembangan Usaha - Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP)
Jl. Marunda Makmur Cilincing, Jakarta Utara 14150, Indonesia
Phone: (62-21) 88991618 ; Ext.:
div. Pelayanan Diklat (2111)
div. Pengembangan & Kerjasama (2112)
E-Mail : Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya

 

Hubungi Kami

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Jakarta

Jl. Marunda Makmur Cilincing, Jakarta Utara 14150, Indonesia
Phone : (62-21) 8899.1618 (Hunting) | Fax : (62-21) 4483.4345

E-mail

Admin:
webmaster@stipjakarta.ac.id

Humas :

humas@stipjakarta.ac.id


Diklat Pelaut:
div_pu@stipjakarta.ac.id

Kerja Sama Praktek Laut dan Praktek Darat:
ks-pkn@stipjakarta.ac.id



imo

 


Web Analytics